beritapagi.net

Mengapa Cpob Penting Diterapkan Dalam Produksi Obat?

Jawab hands August 22, 2022

Mengapa CPOB diperlukan?

Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) bertujuan untuk menjamin obat dibuat secara konsisten, memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan sesuai dengan tujuan penggunaannya. CPOB mencakup seluruh aspek produksi dan pengendalian mutu.

Apa pentingnya CPOB dalam industri?

Penerapan CPOB dalam industri farmasi bertujuan untuk memastikan mutu obat yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan dan tujuan penggunaannya.

Jelaskan apa itu CPOB dan mengapa penerapan CPOB terkini sangat penting bagi industri farmasi?

CPOB adalah bagian dari Sistem Mutu yang memastikan obat dibuatdan dikendalikan secara konsisten untuk mencapai standar mutu yang sesuai dengan tujuan penggunaan dan persyaratan Izin Edar, Persetujuan Uji Klinik atau spesifikasi produk. CPOB mencakup Produksi dan Pengawasan Mutu.

Kenapa CPOB sangat penting bagi industri farmasi di Indonesia?

Pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) ditetapkan tidak lain sebagai wujud implementasi kebijaksanaan pemerintah untuk mendorong industri farmasi menghasilkan produk-produk yang berkualitas, berdaya saing tinggi di pasaran serta mengurangi ketergantungan akan produk-produk impor.

Apa peranan CPOB dalam produksi sediaan obat tradisional?

CPOB merupakan pedoman pembuatan obat bagi industri farmasi untuk menjamin mutu obat yang diproduksi. CPOB dimiliki oleh semua industri dalam memproduksi obat. Produksi obat tradisional juga memiliki pedoman cara pembuatan obat yang baik yang disebut CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik).

Apa itu proses CPOB?

CPOB atau biasanya diartikan dengan Cara Pembuatan Obat Yang Baik adalah salah satu bagian dari sistem pemastian mutu yang berperan dalam mengatur dan memastikan obat yang diproduksi memiliki mutu yang dapat dikendalikan secara konsisten, sehingga akan menghasilkan produk yang memenuhi persyaratan mutu seperti yang …

Apa yang dimaksud dengan CPOB dalam industri farmasi?

Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) atau dalam bahasa Inggris disebut current Good Manufacturing Process (cGMP) adalah grup panduan yang diatur oleh WHO sejak tahun 1971 ke seluruh dunia. Current pada cGMP berarti terkini yaitu panduan/aturan terkini sesuai dengan perkembangan keilmuan, konsep atau teknologi baru.

Apa saja sanksi yang diberikan jika sebuah industri farmasi tidak mengikuti acuan CPOB?

Sanksi administratif akan diberikan kepada para pelaku pelanggaran. Sanksi tersebut dapat berupa peringatan, penghentian sementara kegiatan, pencabutan Sertifikat CPOB/CPBBAOB, hingga rekomendasi pencabutan izin industri farmasi.

Mengapa mahasiswa farmasi perlu belajar teknologi informasi?

Penerapan kemajuan teknologi informasi dalam penggunaan perangkat keras komputer dan perangkat lunak, informatika farmasi mampu memberikan metode pembiayaan yang efektif untuk apotek dan rumah sakit untuk berkomunikasi dengan mudah dan menciptakan kerangka kerja yang maju dimana dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Apa yang kalian ketahui tentang CPOB dan Cpotb?

CPOB merupakan pedoman pembuatan obat bagi industri farmasi untuk menjamin mutu obat yang diproduksi. Sedangkan CPOTB merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk menerapkan sistem jaminan mutu yang diakui dunia internasional.

Apa yang dimaksud CPOB dan apa saja aspek CPOB?

CPOB merupakan pedoman yang bertujuan memastikan agar mutu obat yang dihasilkan sesuai dengan persyaratan dalam ketentuan CPOB atau GMP. CPOB mencakup seluruh aspek produksi dan pengendalian mutu.

Apa yang menjadi persyaratan dasar dari CPOB?

PERSYARATAN CPOB

uraian tugas sampai dengan tingkat penyelia; dokumen kualifikasi instalasi dan operasional peralatan produksi dan pengujian, khusus untuk sterilisator termasuk kualifikasi kinerja; dokumen protokol validasi proses aseptis jika akan memproduksi sediaan steril secara aseptis; dan.

Mengapa self inspection itu perlu dalam suatu industri farmasi?

Tujuan inspeksi diri adalah untuk mengevaluasi apakah semua aspek produksi dan pengawasan mutu industri farmasi memenuhi ketentuan CPOB. Program inspeksi diri hendaklah dirancang untuk mendeteksi kelemahan dalam pelaksanaan CPOB dan untuk menetapkan tindakan perbaikan yang diperlukan.

Referensi:

  1. https://jdihn.go.id/files/491/PerBPOM%2013%20Tahun%202018%20tentang%20CPOB%20Anex%202%20_%20Join.pdf
  2. https://www.politeknikmeta.ac.id/meta/ojs/index.php/inkofar/article/view/56
  3. https://farmasiindustri.com/cpob/cpob-cara-pembuatan-obat-yang-baik-2018.html
  4. https://tsffarmasiunsoed2012.wordpress.com/2012/06/16/2067/
  5. https://tsffarmasiunsoed2012.wordpress.com/2012/06/13/cpob-pengawasan-mutu-pada-industri-obat-tradisional/
  6. https://hannainst.id/cara-pembuatan-obat-yang-baik-cpob/
  7. http://imafarmasi.unja.ac.id/index.php/2021/02/22/cgmp-atau-cpob/
  8. https://bem.farmasi.ui.ac.id/2018/02/05/pharmaceutical-inspection-co-operation-scheme-dan-cpob-2018/
  9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/download/55/23/164
  10. https://brainly.co.id/tugas/14897521
  11. https://www.academia.edu/35708561/CPOB_Cara_Pembuatan_Obat_yang_Baik
  12. https://infopublik.pom.go.id/cetak/39
  13. https://id.gmp-platform.com/cpob-2012-vs-cpob-2018-bab-8-inspeksi-diri/

© 2022 beritapagi.net

We use cookies to ensure that we give you the best experience on our website.
Privacy Policy