beritapagi.net

Mengapa Bw Masih Berlaku Di Indonesia?

Jawab hands August 23, 2022

KUHPerdata (Burgerlijk Wetboek) sebagai warisan bangsa kolonial masih diberlakukan di Indonesia hingga saat ini, dengan dasar menghindari kekosongan hukum (recht vacuum) melalui Pasal I Aturan Peralihan Undang–Undang

Dasar Negara Republik Indonesia

Negara Republik Indonesia
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (disingkat UUD 1945; terkadang juga disingkat UUD45, UUD RI 1945, atau UUD NRI 1945) adalah konstitusi dan sumber hukum tertinggi yang berlaku di Republik Indonesia.
https://id.wikipedia.org › wiki › Undang-Undang_Dasar_Nega…

tahun 1945 (yang selanjutnya disebut UUD NRI 1945) yang berbunyi “ …

Bagaimana kedudukan BW di Indonesia sekarang?

Jadi secara yuridis formil kedudukan BW tetap sebagai undang-undang sebab BW tidak pernah dicabut dari kedudukannya sebagai undang-undang. Namun, pada waktu sekarang BW bukan lagi sebagai Kitab Undang-undang Hukum Perdata yang bulat dan utuh seperti keadaan semula saat diundangkan.

Apa dasar hukum berlakunya BW di Indonesia?

Memperhatikan pendapat tersebut, tampaklah bahwa yang menjadi dasar hukum berlakunya BW di Indonesia UUD 1945, Pancasila, peraturan perundang-undangan nasional lainnya, serta dibutuhkan.

Apakah BW berlaku bagi warga negara Indonesia?

Jika mengenai waris, maka KUH Perdata tidak menjerat atau tidak berlaku bagi orang yang beragama Islam atau masyarakat yang menundukkan diri pada hukum adat. Namun ketika kita bicara mengenai perjanjian, maka KUH Perdata berlaku (menjerat) bagi semua warga negara Indonesia.

Apakah BW masih utuh berlaku brainly?

BW sebagai kodifikasi sudah tidak berlaku lagi; 2. Yang masih berlaku ialah aturan-aturannya, yang tidak bertentangan dengan semangat serta suasana kemerdekaan; 3. Diserahkan kepada yurisprudensi dan doktrina untuk menetapkan aturan mana yang masih berlaku dan aturan mana yang tidak bisa dipakai lagi.

Bagaimana kedudukan KUH Perdata setelah kemerdekaan hingga saat ini?

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, KUHP dan KUHPer tersebut masih berlaku di Indonesia berdasarkan Pasal II Aturan Peralihan Undang-Undang Dasar 1945 (“UUD”) yang menyatakan bahwa: “Segala badan negara dan peraturan yang ada masih langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini …

Bagaimana kondisi atau keadaan hukum perdata di Indonesia saat ini?

Keadaan hukum perdata di Indonesia saat ini bersifat majemuk atau beraneka ragam. Hal ini disebabkan oleh dua faktor, yaitu etnis dan hostia yuridis. Kitab hukum perdata Indonesia merupakan modifikasi kitab hukum perdata Belanda tahun 1848. Sehingga banyak undang-undang yang belum mampu memenuhi kebutuhan zaman.

Jelaskan apa yang menjadi dasar hukum bahwa Burgerlijk Wetboek KUH Perdata masih berlaku di Indonesia sampai sekarang dan bagaimana prakteknya?

KUHPerdata (Burgerlijk Wetboek) sebagai warisan bangsa kolonial masih diberlakukan di Indonesia hingga saat ini, dengan dasar menghindari kekosongan hukum (recht vacuum) melalui Pasal I Aturan Peralihan Undang–Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (yang selanjutnya disebut UUD NRI 1945) yang berbunyi “ …

Apa dasar berlakunya hukum perdata?

Adapun dasar hukum berlakunya Kitab Undang-Undang Hukum Perdata tersebut adalah Pasal 1 Aturan peralihan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang selengkapnya berbunyi “Segala peraturan perundang-undangan yang ada masih tetap berlaku selama belum diadakan yang baru menurut Undang-Undang Dasar ini”, …

Apa yang dimaksud dengan asas konkordansi dan jelaskan sejarah berlakunya BW di Indonesia serta dasar hukumnya?

Asas Konkordansi adalah suatu asas yang melandasi diberlakukannya hukum Eropa atau hukum di negeri Belanda pada masa itu untuk diberlakukan juga kepada Golongan Eropa yang ada di Hindia Belanda (Indonesia pada masa itu).

Apakah KUH Perdata berlaku untuk seluruh penduduk Hindia Belanda?

Jika mengenai waris, maka KUH Perdata tidak menjerat atau tidak berlaku bagi orang yang beragama Islam atau masyarakat yang menundukkan diri pada hukum adat. Namun ketika kita bicara mengenai perjanjian, maka KUH Perdata berlaku (menjerat) bagi semua warga negara Indonesia.

Jelaskan kapan berlakunya KUH Perdata di Indonesia?

Kodifikasi KUH Perdata Indonesia diumumkan pada tanggal 30 April 1847 melalui Staatsblad No. 23 dan berlaku pada Januari 1848.

Apakah KUHD yang berlaku saat ini masih berlaku seluruhnya?

KUHD sebagai produk hukum pemerintah kolonial Belanda masih dipakai dalam sistem hukum di Indonesia termasuk pasal-pasalnya yang masih dikutip di beberapa pasal pada wording polis asuransi termasuk PSAKI (Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia).

Apa kepanjangan dari BW?

Hukum perdata di Indonesia pada dasarnya bersumber pada Hukum Napoleon kemudian bedasarkan Staatsblaad nomor 23 tahun 1847 tentang burgerlijk wetboek voor Indonesie atau biasa disingkat sebagai BW/KUHPer.

Apa bunyi Pasal 1338 KUH Perdata?

Pasal 1338 ayat (1) menentukan bahwa “semua perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi yang membuatnya”. Berdasar dua pasal dalam KUH Perdata tersebut, dapatlah dikatakan berlakunya asas konsensualisme di dalam hukum perjanjian memantapkan adanya asas kebebasan berkontrak.

Referensi:

  1. https://istilahhukum.wordpress.com/2012/10/10/hukum-perdata/
  2. http://e-journal.uajy.ac.id/7848/3/2MIH01124.pdf
  3. https://tribratanews.kepri.polri.go.id/2021/01/20/keberlakuan-kitab-undang-undang-hukum-perdata/
  4. https://brainly.co.id/tugas/27315500
  5. https://www.hukumonline.com/klinik/a/kedudukan-kuh-pidana-dan-kuh-perdata-dalam-hierarki-peraturan-perundang-undangan-lt4f1e71d674972
  6. https://brainly.co.id/tugas/13096357
  7. https://rechtsvinding.bphn.go.id/jurnal_online/Ironi%20kuhperdata%20dalam%20sistem%20hukum%20%20indonesia%20-%20Final.pdf
  8. https://mahkamahagung.go.id/id/artikel/4206/pembangunan-hukum-perdata-melalui-yurisprudensi
  9. https://www.hukumonline.com/klinik/a/arti-asas-konkordansi-lt5979a0202a993
  10. https://www.hukumonline.com/klinik/a/jerat-lt4fd2821847336
  11. https://id.wikipedia.org/wiki/Kitab_Undang-Undang_Hukum_Perdata_Indonesia
  12. https://www.pojokasuransi.com/mengapa-pasal-kuhd-tercantum-dalam-wording-psaki/
  13. https://id.wikisource.org/wiki/Kitab_Undang-Undang_Hukum_Perdata
  14. https://pn-bandaaceh.go.id/pembatasan-asas-freedom-of-contract-dalam-perjanjian-komersial/

© 2022 beritapagi.net

We use cookies to ensure that we give you the best experience on our website.
Privacy Policy