beritapagi.net

Mengapa Banyak Kawah Di Bulan Yang Berusia Jutaan Tahun Dan Masih Utuh?

Jawab hands August 23, 2022

Di bulan tidak terdapat udara ataupun air. Banyak kawah yang terhasil di permukaan bulan disebabkan oleh hantaman komet atau asteroid. Ketiadaan udara dan air di bulan menyebabkan tidak adanya pengikisan yang menyebabkan banyak kawah di bulan yang berusia jutaan tahun dan masih utuh.

Mengapa banyak kawah di bulan?

Dilansir dari Live Science, Rabu (13/4/2022) kawah Bulan, tidak hanya terbentuk akibat asteroid saja tetapi karena tumbukan dengan meteor dan komet. Bahkan, sebuah asteroid besar yang menabrak bulan sekitar miliaran tahun yang lalu menyebabkan bencana besar di mantel Bulan.

Mengapa di permukaan bulan banyak terdapat kawah dan cekungan?

Kawah atau cekungan pada permukaan bulan sebagai akibat dari tabrakan Bulan dengan meteor-meteor karena Bulan tidak memiliki lapisan atmosfer sehingga permukaannya tidak terlindungi dari tabrakan benda-benda langit.

Permukaan bulan dipenuhi kawah dan gunung Pernyataan itu disampaikan oleh siapa?

Galileo Galilei membuktikan bahwa permukaan bulan dipenuhi kawah dan gunung.

Apa yang menyebabkan permukaan Bulan tidak rata?

Permukaan bulan yang tidak rata disebabkan hasil bombardir asteroid yang menyebabkan permukaan Bulan sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu menjadi permukaan Bulan yang kita lihat saat ini. Permukaan Bulan 4,5 miliar tahun yang lalu cenderung tidak berkawah dan hampir rata.

Mengapa permukaan Bulan dan Bumi berbeda?

Keadaan permukaan bulan sangat berbeda dengan bumi disebabkan juga oleh gaya gravitasinya yang kecil. Bulan memiliki gaya gravitasi yang jauh lebih kecil dari bumi, yaitu sekitar 1,6 meter per sekon. Gaya gravitasi yang kecil membuat gaya tarikan ke inti bulan lemah.

Mengapa di Bulan sering terjadi perubahan suhu yang sangat ekstrem?

Secara tidak langsung, para astronaut yang mendarat di Bulan membuat permukaan ini tidak tertutupi debu. Akibatnya, permukaan gelap ini menyerap lebih banyak radiasi Matahari sehingga suhu permukaan Bulan naik sebanyak dua derajat Celcius.

Siapa yang menemukan permukaan Bulan tidak rata?

Salah satu penemuan Galileo saat itu adalah tentang bulan. Ia menemukan bahwa permukaan bulan tidak rata dan halus, seperti yang digambarkan dalam puisi-puisi. Bulan ternyata dipenuhi kawah dan gunung. Galileo juga menemukan planet-planet lain termasuk Saturnus yang memiliki lingkar seperti cincin.

Permukaan planet manakah yang sangat mirip dengan permukaan Bulan?

Neptunus

Bentuk planet ini mirip dengan Bulan dengan permukaan terdapat lapisan tipis silikat.

Bagaimana proses terbentuknya kawah meteor?

Jawaban. kawah meteoroit terbentuk karena adanya benda dari luar angkasa (meteor) jatuh ke bumi, meteor itu terbakar saat melewati atmosfer bumi, dan karena meteor itu tidak habis terbakar jadi ia jatuh sampai kepermukaan bumi.

Referensi:

  1. https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/14/210100623/ilmuwan-ungkap-penyebab-bulan-memiliki-9.000-kawah-di-permukaannya-?page=all
  2. https://roboguru.ruangguru.com/question/permukaan-bulan-ternyata-tidak-rata-dan-banyak-terdapat-kawah-jelaskan-penyebab-terjadinya_QU-GP220JWM
  3. https://roboguru.ruangguru.com/question/galileo-galilei-membuktikan-bahwa-permukaan-bulan-dipenuhi-_QU-6ESSN9IT
  4. https://brainly.co.id/tugas/21986544
  5. https://www.kompas.com/skola/read/2022/04/04/145853269/bagaimana-keadaan-permukaan-bulan?page=all
  6. https://bobo.grid.id/read/08888114/suhu-permukaan-bulan-lebih-panas-sejak-puluhan-tahun-lalu-ada-apa?page=all
  7. https://bobo.grid.id/read/083112574/cari-jawaban-materi-kelas-6-sd-tema-9-apa-saja-dampak-penemuan-galileo-galilei?page=all
  8. https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/repos/FileUpload/SISTEM%20TATA%20SURYA%20Reformat/topik3.html
  9. https://brainly.co.id/tugas/5675742

© 2022 beritapagi.net

We use cookies to ensure that we give you the best experience on our website.
Privacy Policy